-->

10 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Lezat

10 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Lezat -

jalan ke Kalimantan Timur, tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas dari ibukota provinsi Samarinda. Setelah berjalan di tepi Sungai Mahakam stylish dan menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim (East) Kalimantan, mari kita menjelajahi wisata kuliner di provinsi, yang berjumlah sekitar 3,6 juta penduduk.

seperti provinsi-provinsi lainnya, Kalimantan juga memiliki andalan kuliner dasar Tengah yang selera dapat diadu dengan hidangan khas dari daerah lain di Indonesia. Nah, di sini adalah daftar makanan khas di Kalimantan Timur, yang Anda dapat mencicipi ketika Anda berkunjung ke sana

Nasi Kuning Samarinda

yang tidak ingin nasi kuning? Salah satu hidangan yang sangat umum di hampir semua wilayah di Indonesia. Tapi Beras Samarinda rasa kuning dan lauk yang sedikit berbeda dari nasi kuning pada umumnya.

nasi kuning Samarinda adalah nasi kuning (karena diwarnai dengan safron) disajikan dengan pembaharuan ikan (lele), telur Bali rempah-rempah dan bawang goreng, dan serundeng. Di Samarinda, Anda dapat makan nasi kuning di pagi hari atau di malam hari.

ayam Cincane

makanan khas kalimantan timur Ayam Cincane

di masa lalu, ditawarkan menu hanya ketika acara- acara penting, seperti pernikahan atau kelahiran semua pihak. Namun, kali ini sebenarnya dapat ditemukan ayam cincane, sebagian besar kafe dan restoran yang terletak di Kalimantan Timur.

dasar ayam cincane fisik. Dan merasakan rasa kelapa dan rempah-rempah lainnya, seperti jahe, lengkuas, dan kemiri ketika makan ayam yang diproses dengan membakar di atas bara api. Ayam Cincane sangat lezat bila dimakan dengan sepiring saus tomat hangat dan nasi putih panas manis.

Beras Bekepor

Nasi Bekepor

Beras bekepor adalah nasi putih dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Biasanya digambarkan bekepor nasi bersama dengan sayuran Guingamp Kukar asam, jenis sayuran dicampur asam dengan kepala ikan dan ubi jalar.

Selain itu, Anda juga dapat memilih hidangan daging memasak bumi hangus untuk dimakan dengan bekepor nasi, Nah, apa yang hangus daging bumbu masak? Ini adalah jenis daging dimasak dengan kecap. Nama hidangan di Kalimantan Timur cukup unik, ya?

kanker Pepes

Pepes Kepiting

Anda mungkin sudah terbiasa makan ikan kukus, tahu kukus, atau dikukus udang. Lobster baik, namun berdasarkan uap khas dari Kalimantan Timur, mungkin sesuatu yang baru bagi Anda, dan tentunya akan membuat Anda ketagihan setelah ujian.

membuat

kepiting Pepes kepiting soka yang dimasak dengan cabai merah, cabai rawit, serai, kemangi dan rempah-rempah lainnya. Selain itu, dibungkus soft-shelled kepiting dan pan rempah-rempah goreng daun pisang. Kemudian, dibumbui kukus sampai empuk, kemudian dibakar di atas api

asin terang

Di Kalimantan Timur, ada makanan khas yang terkenal, dan merupakan Payau bersinar. Jika Anda tidak tahu apa itu tusuk sate asin, ini adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Sayangnya, salah satu makanan yang langka sudah adalah, karena rusa merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Namun, makanan khas Kalimantan Timur masih dapat ditemukan di tahanan remaja atau festival tradisional di provinsi ini. Kain Cenderunglebih asin daging yang lembut dan empuk dibandingkan dengan daging sapi. Selain menggunakan tusuk sate, memasak daging rusa juga dengan rempah-rempah hangat atau dipepes

Sambal Raja

seperti namanya, makanan ini adalah hidangan tradisional Raya Cotai. Ya, di zaman kuno, makanan ini bisa dinikmati hanya di Inggris saja. Bila dilihat sekilas, mirip dengan salep raja cabai.

Isi cabai Raja ini adalah berbagai sayuran, seperti kacang, terong dan bawang iris. Kemudian, penyiraman sayuran dengan bumbu halus dengan rasa hangat dan segar. makanan tradisional untuk melengkapi Kalimantan Timur irisan biasanya diberikan telur rebus di atas Sambal Raja ini.

lumpur panas

Bubur Pedas

Nah, makanan yang satu tawaran yang sangat wajib jika Anda adalah penggemar makanan pedas. rempah-rempah bubur adalah suku hidangan khas Sambas, Kalimantan Barat. Meski begitu, makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di Kalimantan Timur dan menjadi makanan khas provinsi.

Jangan bayangkan bahwa Anda hanya akan mendapatkan rasa pedas fokus saat makan hidangan ini. Karena bubur panas dicampur dengan berbagai rempah-rempah, seperti ketumbar, jinten, jahe, lada hitam, lemon dan merica. Dengan demikian, rasa bukan satu-satunya bubur panas saja.

Gence Rowan

Gence Ruan

mungkin nama yang asing bagi kita. Namun, Gence Rowan menjadi hidangan favorit yang telah menjadi sumber kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Timur. Komponen utama dari hidangan ini adalah ikan lele, yang dikenal sebagai pembaharuan ikan.

gabus ikan utuh diolesi dengan garam sebelum dibakar. Setelah dibakar, disiram lele dengan tumis bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah, air asam jawa dan rempah-rempah lainnya.

Amplang

Amplang

sering dicari

khas kerupuk Kalimantan Timur setelah oleh wisatawan untuk melayani sebagai suvenir. Amplang atau yang biasa dikenal dengan nama Tiger Nails adalah jenis kerupuk yang terbuat dari ikan. Meski terbuat dari ikan, Amplang tidak memiliki amis rasa. Justru kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan selera yang baik.

pisang Gapit

Pisang Gapit

ketika Anda berjalan di sekitar tepi Sungai Mahakam, Anda akan menemukan beberapa pedagang yang menjual pisang Gapit. penjepit pisang ini dimakan sangat tepat sambil bersantai sambil menikmati keindahan Sungai Mahakam.

Views pisang klip terlihat seperti pisang khas Ebi Sulawesi Selatan. Perbedaan antara pendamping makanan ringan ini terletak pada saus. pisang ebi dimakan dengan saus gula merah, sedangkan pisang menekan saus durian sangat lezat.

makanan kecil yang satu disebut "Gapit" untuk proses pengobatan menggunakan alat seperti talenan dalam bentuk papan kayu, pisang dan digapit atau diterapkan di pesawat. Setelah itu menjadi bentuk datar, dan pisang akan dibakar sampai berwarna kecoklatan itu.

diskusi tentang makanan khas dari Kalimantan Timur pada perut merasa lapar, Ya ? Mari , perhatikan daftar makanan yang direkomendasikan oleh Bacaterus ini sebagai referensi ketika Anda ingin wisata kuliner Kalimantan Timur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel